You are here
Home > Kuliner Semarang > Jajanan > Berkunjung Ke Semarang ? Wajib Cicipi Jajan Pasar Khas Semarangan

Berkunjung Ke Semarang ? Wajib Cicipi Jajan Pasar Khas Semarangan

Anda warga asli Semarang atau bukan, maka Anda juga harus perlu mengetahui beberapa jajanan khas semarangan. Terutama bagi Anda yang sedang wisata ke Semarang. Mungkin sebagian dari Anda ada yang belum pernah mendengar istilah ‘gilo-gilo’. Ternyata banyak yang beranggapan bahwa gilo-gilo merupakan sejenis makanan. Namun sebenarnya gilo-gilo merupakan sebuah istilah. Mau tahu apa sebenarnya gilo-gilo itu? Di bawah ini akan saya jelaskan apa itu gilo-gilo bersamaan dengan 10 pemaparan saya tentang jajanan khas Semarang yang cukup dipopulerkan oleh masyarakat Kota Semarang,

1. Kue Mochi

pochi

Kue Mochi adalah salah satu jajanan khas Semarang yang terbuat dari tepung adonan tepung ketan yang di dalamnya berisi kacang cincang dan gula. Tampilannya yang bulat kecil-kecil dan kenyal dengan taburan wijen di bagian luarnya. Kue mochi ini bertahan kurang lebih selama satu minggu lamanya. Jadi bagi yang mau membelikan oleh-oleh keluarganya kue mochi, diusahakan bisa sampai di tempat tujuan maksimal satu minggu setelah pembelian. Agar masih tetap enak disantapnya.

2. Jongkong Singkong

singkonglapisctt

Jongkong Singkong merupakan salah satu jajanan tradisional dari Semarang yang terbuat dari bahan utamanya berupa singkong. Diparut dan dibungkus oleh daun pisang. Dalam penyajiannya jongkong singkong ini menggunakan kelapa parut yang ditabur diatasnya, sehingga rasa kue tradisional yang satu ini lebih nikmat dan lebih gurih.

3. Wingko Babat

mingko babat

Jajanan yang satu ini tentu sudah sangat familiar bagi kita. Bahkan wingko babat ini juga dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Semarang. Meskipun sebenarnya Wingko Babat ini berasal dari Babat, daerah kecil yang ada di Jawa Timur. Namun oleh masyarakat luas Wingko Babat ini lebih dikenal sebagai jajanan khas Semarang.

4. Tahu Bakso

tahu bakso

Tahu bakso sebenarnya banyak sekali ditemui diberbagai daerah di Indonesia. Namun Semarang juga dikenal sebagai salah satu Kota dengan jajanan khas nya berupa tahu bakso. Selain lumpia dan wingko babat, tahu bakso juga menjadi salah satu oleh-oleh yang sering diburu wisatawan.

5. Lontong Spekkoek

gulung spekeak

Makanan khas Semarang lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah lontong spekkoek. Lontong spekkoek ini adalah kue lapis legit atau spekkoek yang dibentuk menyerupai lontong. Rasanya enak dan teksturnya lembut.

6.Gilo-gilo

gilo-gilo

Banyak beberapa orang yang salah paham bahwa yang namanya ‘gilo-gilo’ adalah sejenis gorengan. Kalau menurut beberapa referensi yang saya dapatkan gilo-gilo merupakan sebuah istilah atau kata lain dari gerobak dorong yang mana isi dari gerobak tersebut berisikan jajanan pasar antara lain pisang goreng, bakwan, mendoan, buah-buahan atau pun bolang-baling. Jadi kenapa namanya gilo-gilo? Konon ceritanya para pedagang yang berkeliling menawarkan jajanannya yang ada di gerobak sambil berteriak sembari menyebut kalimat, “Gi lo gi lo gi lo jajane teko” atau dalam bahasa Indonesia yang artinya “Ini loh ini loh jajanannya sudah datang”. Sehingga lama kelamaan masyarakat yang mendengarnya menamai dagangan tersebut dengan menyebutnya Gilo-gilo.

7.Nagasari

nagasari

sejenis kue yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang. Kue ini biasanya dibalut dengan daun pisang lalu dikukus. Selain bahan yang tersebut di atas, nagasari juga sering dikukus dengan balutan daun pandan sehingga menimbulkan aroma yang khas Jepara.

8. Klepon

klepon

Klepon adalah kue yang terbuat dari beras ketan kemudian di dalamnya diisi dengan gula jawa (gula aren).

9. Wajik

wajik

Wajik merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan dengan berbagai rasa, defaultnya adalah rasa gula merah yang berwarna kecoklatan.

10. Jadah

jadah

Jadah ini juga merupakan makanan atau kue yang terbuat dari beras ketan, bedanya sama wajik adalah jika wajik rasanya manis, jadah memiliki rasa gurih.

Dan masih banyak lagi jajanan pasar yang nikmat dan jarang orang menggunakannnya sebagai cemilan di pagi hari. Kangen Ngga Sama Jajanan Pasar?

Leave a Reply

Top
%d bloggers like this: