You are here
Home > Kuliner Semarang > Jajanan > Jajanan Pasar yang Bikin Kita Kembali Ke Masa Lalu

Jajanan Pasar yang Bikin Kita Kembali Ke Masa Lalu

Orang akan tiba-tiba teringat dengan masa kecilnya ketika dihadapkan pada suatu kejadian, suatu barang atau suatu adegan yang pernah atau sering dialami waktu kecil. Seperti beberapa waktu lalu, ketika tiba-tiba saya pengen berburu jajanan pasar. Pagi-pagi sekali, saya sudah ngoprak-oprak mamak untuk saya seret paksa ke pasar. Mengingat cetil adalah most wanted nya pasar tradisional, jadi harus datang lebih awal untuk menemukan cetil yang masih komplit.

Benar saja ketika bertemu dengan cetil saya langsung de javu. Sewaktu kecil, Mbah Uti sering mengajak saya untuk menemani ke pasar dengan iming-iming, “mengko jajan cetil yo nduk”. Senangnya bukan main waktu ketemu penjual cetil yang manggrok di ujung jalan dalam pasar. Makanannya banyak dan warna-warni. Favorit saya waktu kecil adalah klepon dan ketan jali.

Cetil adalah makanan khas jawa yang di letak an di wadah dari bambu yang berukuran lebih besar.

CETIL

cetil

Makanan yang terdiri dari beberapa makanan, satu kesatuannya disebut cetil. Yang di frame adalah gethuk, sawut, klepon, ketan ireng (searah jarum jam). cetil ini makanan yang khas banget . Sepiring kecil itu cuma Rp 2.000. Buat temen ngemil di pagi hari sambil ngeteh-ngeteh cantik, cocok 🙂

MENIRAN

Meniran

Dinamai meniran karena dibuat dari menir (you don’t say :D). Jaman dahulu kala, untuk menghasilkan kualitas beras yang sempurna, sebelum ditanak, beras harus dipilah dulu, dibuang gabahnya lalu ditapeni (dibersihkan) di atas tampah, agar terpisah antara bulir beras besar dengan yang kecil. Bulir-bulir beras yang kecil inilah yang disebut dengan menir. Nah meniran berasal dari menir yang dikukus dengan daun bersama santan. Rasanya…. gurih, empuk, lembut, lezat, melted jadi satu. Apalagi dimakannya pas masih hangat. Hmmm….

KUE TALAM

Kue Talam

Kalau kue talam ini, nggak hanya bisa ditemukan di Solo. Di berbagai belahan kota manapun di Indonesia ada. Masing-masing daerah punya talam ciri khasnya sendiri. Dibuat dari bahan baku tepung-tepungan, jadi kue talam ini mudah dikreasikan.

KARANGGESING

Karanggesing

Karangesing adalah makanan yang terbuat dari pisang kepok kuning yang di aluskan kasar,santan kental, telur ayam yang di bungkus dengan daun pisang yang di masak dengan dikukus.

JADAH

Jadah

Jadah merupakan makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan yang di campur dengan parutan kelapa. Jadah memiliki rasa yang gurih , biasanya jadah d bakar dan di hidangkan dengan enten- enten ( parutan kelapa muda yang di masak dengan gula jawa).

TIMUS, LENTHO, DAN ONDE-ONDE

Lentho, timus, onde-onde

Leave a Reply

Top
%d bloggers like this: