You are here
Home > Kuliner Semarang > Jajanan Pasar Yang Menggugah Selera Jika Berkunjung Ke Semarang

Jajanan Pasar Yang Menggugah Selera Jika Berkunjung Ke Semarang

Indonesia merupakan sebuah negara yang memilih keanekaragaman budaya, kekayaan alam , keramahan dan kuliner. Berbagai macam makanan tradisonal yang ada , kota jawa tengah juga memiliki makanan khas yang wajib di coba apa sajakah itu ?

1. Pipis Kopyor

Cara-Membuat-Takjil-Bongko-Kopyor-Khas-Gresik

Pipis kopyor adalah makanan ringan khas Jawa Tengah yang berbahan dasar kelapa muda, roti tawar, dan santan. Sebenarnya ada beberapa macam versi Pipis Kopyor, tergantung daerahnya. Ada yang berbentuk padat, ada pula yang berkuah santan menyegarkan. Isiannya pun bisa beragam, ada yang sekedar memakai roti tawar dan kelapa muda, tapi ada pula yang menambahkan isian lain seperti pisang, kismis, atau sagu.

Pipis Kopyor banyak digemari karena rasanya yang manis-gurih dan menyegarkan (terutama yang berkuah), teksturnya pun lembut ketika disantap. Rasa manisnya tidak berlebihan sehingga tidak mudah membuat enek. Di saat bulan Ramadhan, Pipis Kopyor sangat cocok untuk dijadikan hidangan berbuka puasa. Sayangnya, makanan tradisional ini tidak mudah ditemukan di sembarang tempat. Jika beruntung anda bisa bertemu dengan penjualnya di pasar-pasar tradisional ataupun toko-toko kue.

2. Awuk – awuk mutiara

awuk- awuk mutiara

kue awuk-awuk merupakan perpaduan kelapa muda, serta sagu mutiara yang diolah menjadi kue nikmat. Sensasi manisnya juga ikut menggeliat di lidah. Menariknya ternyata kue ini juga memiliki sebutan yang cukup beragam dibeberapa daerah walaupun pada dasarnya sama saja, karena ada yang menyebutnya sebagai kue abuk mutiara, kemudian ada juga yang menganggapnya sebagai kue bongko mutiara dan lain-lain. Salah satu ciri khas dari kue ini adalah dibungkus dengan daun pisang dengan berbagai bentuk, ada yang berbentuk prisma segitiga, kemudian ada juga yang berbentuk persegi, kerucut dan lain-lain.

3. MENTO

mento

Bongko mento adalah salah satu sajian asal keraton jepara. Sajian yang dibungus dengan daun pisang ini berisi dadar yang telah diisi dengan tumisan suwiran dada ayam yang dicampur dengan jamur kuping, soun dan santan. Kudapan ini bisa menjadi pilihan snack gurih untuk arisan atau pesta kecil di rumah Anda. Makanan ini biasanya di sajikan pada saat pernikahan saja, tetapi jika anda beruntung anda bisa mencicipi makanan satu ini di pasar tradisional.

4. Getuk Lindri

gethuk-1024x569

Getuk lindri adalah nama makanan tradisional yang banyak disukai oleh semua orang disetiap kalangan, dari mulai anak-anak sampai orang tua. Makanan ini terbuat dari bahan dasar singkong yang direbus kemudian dihaluskan lalu dicampur dengan garam dan gula pasir. Getuk Lindri biasanya disajikan dengan tabutan kelapa parut sehingga menjadikan makanan semakin enak dan gurih. makanan ini banyak dijumpai didaerah jawa terutama Jawa Tengah.

5. Kue Cetot

Resep Kue Cetot Khas Jepara

Kue Cetot biasa di kenal oleh masyarakat jawa sebagai cenil, Makanan ini merupakan jajanan pasar yang memiliki tektur krnyal dan memiliki warna yang beragam. Makanan ini memiliki bentuk lonjong dan memiliki rasa yang manis dan gurih jika di padukan dengan parutan kelapa dan gula. Biasanya makanan ini di sajikan dengan ketan hitam , getuk ,klepon dan di siram gula jawa atau hanya dengan gula pasir . Makanan ini masih bisa di temukan di pasar- pasar tradisional di daerah jawa tengah.

2 thoughts on “Jajanan Pasar Yang Menggugah Selera Jika Berkunjung Ke Semarang

Leave a Reply

Top
%d bloggers like this: